Google Adsense
A. Pengertian Google Assense
Sebelum mengenal lebih juga tentang Google Adsense, sedikit terlebih dahulu akan diulas Google Adwords yang merupakan cikal bakal kelahiran Google Adsense. Google Adwords adalah program periklanan yang ditawarkan google kepada para pemilik situs yang ingin mempromosikan situsnya, dengan cara menampilkan link situs pengiklan di hasil pencarian untuk kata kunci (keyword) tertentu. Contoh : jika kita melakukan pencarian di google dengan kata kunci welding misalnya, maka selain hasil pencarian, di bagian seperempat di sebelah kanan akan muncul Sponsored Link / Pesan Sponsor. Tentu saja, para pemasang iklan akan dikenakan sejumlah biaya tergantung dari kepopuleran kata kunci yang dipilihnya.
Namun Google menyadari, meskipun dia sekarang ini menjadi search engine nomor satu di dunia, tidak semua pengguna internet di dunia yang memakai google sebagai mesin pencari, sehingga iklan di google adwords, belum mampu menjangkau seluruh pengguna internet, oleh karena itu mereka menawarkan kepada pemilik situs untuk memasang iklan google adwords di situs mereka dengan pola bagi hasil yang disebut Google Adsense . Jika ada seseorang yang mengunjung situs peserta adsense dan mengklik iklan yang ada di situs tersebut, maka pemilik situs akan mendapat komisi dari google, metode pembayaran komisi seperti ini biasa disebut dengan nama pay per click (PPC).
|
Pengertian Dan Istilah dalam Google Assense |
Ada dua kategori program google adsense yang ditawarkan:
1. AdSense for Content
Kita memberikan sebuah ruang tempat untuk google menampilkan iklan-iklan dari advertiser google. Bila Anda lihat di bagian atas dan kolom paling kanan, akan terlihat sebuah box dengan teks Ads by Google berisikan satu atau lebih iklan tertentu. Iklan-iklan ini biasa disebut sebagai Google AdWords sedangkan program pemasangan iklan pada situs itu dikenal dengan istilah Google AdSense. Bila ada pengunjung yang meng-klik salah satu iklan yang terpasang di situs-nya, maka Google akan memberikan komisi pada pemilik situs yang besarnya sangat bervariasi (Sepenuhnya ditentukan oleh Google untuk masing-masing AdWords).
2. AdSense for Search
Hampir mirip dengan AdSense for caontent, hanya saja AdSense for Search melibatkan mesin pencari Google dalam menentukan jenis Adwords yang muncul. Jadi, pengunjung sebuah situs melakukan pencarian terhadap kata kunci (keyword) tertentu lewat mesin pencari Google yang disediakan oleh pemilik situs. Bila pengunjung menemukan iklan dan dengan baik hati mengklik-nya, maka si pemilik situs akan memperoleh komisi dari Google untuk setiap klik. Jadi kita menempatkan mesin pencari google di situs kita.
Berapa banyak komisi yang Diterima?
Komisi yang didapatkan tergantung iklan yang ditempatkan di situs kita. Google sendiri akan menempatkan iklan sesuai dengan isi/content situs . Harga Pay per click sendiri ditentukan oleh seberapa mahal kata kunci tersebut dihargai oleh pemasang iklan Adwords, misalnya kata kunci welding mungkin cuma dihargai 0.5 dolar per klik, tetapi kata kunci insurance misalnya bisa dihargai hingga 30 dolar per klik. Kata-kata kunci yang bernilai tinggi inilah yang disebut dengan High Paying Keyword (HPK). Situs-situs dengan topik spesifik untuk kata kunci
B. Istilah dalam AdSens
Publisher : Publisher adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dan memasang iklan AdSense di situs mereka.
Ad Units : Yang dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.
Link Units : Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.
AdSense for Content : AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.
Alternate Ads : Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.
Channels : Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa AdSense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.
Page Impressions : Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.
Clicks : Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units atau Channelnya.
CTR (Clickthrough Rate) : CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).
CPC (Cost Per Click): CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.
eCPM (Effective CPM) : eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).
Arti blog untuk google adsense. Jika anda ingin memulai Bisnis dari Internet tapi tidak mempunyai modal sama sekali, cara yang mudah untuk memulainya adalah dengan Blogging. Keberadaan Blogging semakin lama semakin popular saat ini. Apalagi dengan semakin berkembangnya bisnis Adsense, maka popularitas Blogging semakin naik. Dengan Blog anda dapat memulai bisnis dengan gratis. Hosting dan Domain tidak perlu bayar. Semuanya telah disediakan oleh Blogger. Selain itu tidak dibutuhkan kemampuan skill khusus untuk memulainya. Yang penting anda bisa membaca dan menulis maka anda sudah bias ngeblog.
Blog adalah halaman website sederhana yang dapat kita buat/setting dalam hitungan menit. Orang-orang biasa memakainya untuk menuliskan jurnal, diari, ataupun sales pages (halaman untuk promosi produk/jasa) sederhana. Cara menghasilkan uang dari blogging yaitu dengan menambahkan Google Adsense dan menjadi Affiliate untuk menjual suatu produk/jasa. Untuk informasi saja, ada beberapa Internet Marketer yang sudah berpenghasilan sekitar $15.000 perbulan hanya dari ngeblog.
Yang menarik dari blogging adalah hubungannya dengan bisnis Adsense. Untuk memulai bisnis Adsense terlebih dahulu kita harus mempunyai Account Adsense. Nah, untuk mendapatkan Account itu sendiri juga bukanlah hal yang mudah bagi karena Google tidak akan sembarangan memberikan Account Adsense kepada siapa saja. Jika anda membuat website sendiri dan mendaftarkannya ke Google agar bisa direview untuk memperoleh Account Adsense, maka permohonan anda belum tentu disetujui. Website anda akan direview secara manual oleh manusia bukan robot untuk dinilai kelayakannya. Nah, salah satu cara yang paling mudah agar anda bisa disetujui sebagai publishernya Google adalah dengan ngeblog, yaitu dengan membuat blog di
Blogger bisa lebih mudah Karena Blogger adalah salah satu perusahaan yang telah dibeli dan saat ini menjadi miliknya Goggle. Blogger juga lebih diminati untuk pembuatan adsense karena gratis.
C. Syarat suatu situs diterima Adsense
1. Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia hanya dapat Adsense for Search
2. Jumlah posting banyak
3. Situs berumur lama
4. Tidak mengandung konten yang melanggar TOS google (pornografi, piracy, dll)
5. Jumlah Traffic tinggi
Kesimpulan
Google Adsense merupakan sarana yang potensial untuk mencari penghasilan di dunia internet. Akan tetapi dibutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi agar situs kita diterima Adsense. Antara lain tidak menyalahi TOS, umur blog lama, traffic tinggi dan lain-lain. Implementasi yang dilakukan kelompok kami tidak berhasil karena dibutuhkan waktu lebih lama lagi agar blog kami diterima di Adsense. Oleh karena itu mungkin apabila diberi waktu lebih lama lagi maka kemungkinan blog kami diterima akan lebih besar.