- Pengertian Pengembangan Sistem
Pengembangan
system (system development) dapat berarti menyusun suatu system yang baru untuk
menggantikan system yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki system yang
telah ada. Sistem yang lama perlu diperbaiki atau diganti disebabkan karena
beberapa hal, yaitu sebagai berikut ini :
- Adanya
permasalahan-permasalahan (problems) yang timbul disistem yang lama yang
dapat berupa :
a.
Ketidakberesan
Ketidakberesan
dalam system yang lama menyebabkan system yang lama tidak dapat beroperasi
sesuai dengan yang diharapkan. Ketidakberesan ini dapat berupa :
-
Kecurangan-kecurangan disengaja yang menyebabkan tidak
amannya harta kekayaan perusahaan dan kebenaran dari data menjadi kurang
terjamin.
-
Kesalahan-kesalahan yang tidak disengaja yang juga
dapat menyebabkan kebenaran dari data kurang terjamin.
-
Tidak efisiensinya operasi.
-
Tidak ditaatinya kebijaksanaan manajemen yang telah
ditetapkan.
b.
Pertumbuhan Organisasi
Pertumbuhan
organisasi yang menyebabkan harus disusunnya system yang baru. Pertumbuhan
organisasi diantaranya adalah kebutuhan informasi yang semakin luas, volume
pengolahan data semakin meningkat, perubahan prinsip akuntansi yang baru.
Karena adanya perubahan ini, maka menyebabkan system yang lama tidak efektif
lagi, sehingga system yang lama sudah tidak dapat memenuhi lagi semua kebutuhan
informasi yang dibutuhkan manajemen.
- Untuk
meraih kesempatan-kesempatan(Opportunities)
Tenologi
informasi telah berkembang dengan cepatnya. Perangkat keras computer, perangkat
lunak dan teknologi komunikasi telah begitu cepat berkembang. Oganisasi mulai
merasakan bahwa teknologi informasi ini perlu digunakan untuk meningkatkan
penyediaan informasi sehingga dapat mendukung dalam proses pengambilan
keputusan yang akan dilakukan oleh manajemen. Dalam keadaan pasar bersaing,
kecepatan informasi atau efisiensi waktu
sangat menentukan berhasil atau tidaknya strategi dan rencana-rencana yang
telah disusun untuk meraih kesempatan-kesempatan yang ada. Bila pesaing dapat
memanfaatkan teknologi ini, maka kesempatan-kesempatan akan jatuh ke tangan
pesaing. Kesempatan-kesempatan ini dapat berupa peluang-peluang pasar,
pelayanan yang meningkat kepada pelanggan dan lain sebagainya.
- Adanya
instruksi-instruksi (derivatives)
Penyusunan system yang baru dapat
juga terjadi karena adanya instruksi-instruksi dari atas pimpinan ataupun dari
luar organisasi, seperti misalnya peraturan pemerintah.
Berikut ini
dapat digunakan sebagai indicator adanya permasalahan-permasalahan dan
kesempatan-kesempatan yang dapat diraih, sehingga menyebabkan system yang lama
harus diperbaiki, ditingkatkan bahkan diganti keseluruhannya.
Indikator-indikator ini diantaranya adalah sebagai berikut :
-
Keluhan dari langganan
-
Pengiriman barang yang sering tertunda
-
Pembayaran gaji yang terlambat
-
Laporan yang tidak tepat waktunya
-
Isi laporan yang sering salah
-
Tanggung jawab yang tidak jelas
-
Waktu kerja yang berlebihan
-
Ketidakberesan kas
-
Produktifitas tenaga kerja yang rendah
-
Banyaknya pekerja yang menganggur
-
Kegiatan yang tumpang tindih
-
Tanggapan yang lambat terhadap langganan
-
Kehilangan kesempatan kompetisi pasar
-
Kesalahan-kesalahan manual yang tinggi
-
Persediaan barang yang terlalu tinggi
-
Pemesnaan kembali barang yang tidak efisien
-
Biaya Operasi yang tinggi
-
File-file yang kurang teratur
-
Keluhan dari supplier karena tertundanya pembayaran
-
Bertumpuknya back order (tertundanya pengiriman karena
kurangnya persediaan barang)
-
Investasi yang tidak efisien
-
Peramalan penjualan dan produksi tidak tepat
-
Kapasitas produksi yang menganggur (idle capasites)
-
Pekerjaan manajer yang terlalu teknis
Dll.