STRATEGI KOMUNIKASI
A. FUNGSI STRATEGI KOMUNIKASI
1. Tujuan Sentral dalam Strategi Komunikasi
Strategi pada hakikatnya adalah perencanaan (planning) dan manajemen (management) untuk mencapai suatu tujuan.
R. Wayne Pace, Brent D. Peterson, dan M. Dallas Burnett dalam bukunya, Techniques for Effective Communication, menyatakan bahwa tujuan sentral kegiatan komunikasi terdiri atas tiga tujuan utama, yaitu :
a. to secure understanding,
b. to establish acceptance,
c. to motivate action
2. Korelasi Antarkomponen dalam Strategi Komunikasi
Komponen – komponen komunikasi dan faktor – faktor pendukung dan penghambat pada setiap komponen komunikasi :
a. Mengenali sasaran komunikasi
b. Pemilihan media komunikasi
c. Pengkajian tujuan pesan komunikasi
d. Peranan komunikator dalam komunikasi
B. KAITAN STRATEGI KOMUNIKASI DENGAN SISTEM KOMUNIKASI
1. Sistem Komunikasi secara Makro Vertikal
Secara makro vertikal sistem komunikasi itu dipengaruhi oleh berbagai sistem :
a. Pengaruh sistem pemerintahan
b. Pengaruh televisi dan video
c. Pengaruh direct broadcasting sattelite
d. Pengaruh new international information order
2. Sistem komunikasi secara Mikro Horizontal
Komunikasi secara mikro horiznotal adalah komunikasi sosial antarinsan dalam tingkat status sosial yang hampir sama dan terjadi dalam unit – unit yang relatif kecil, yang dibagi menjadi :
a. Komunikasi di daerah perkotaan
b. Komunikasi di daerah pedesaan