• Home
  • About
  • Contact Us
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
Blog Definisi | Pengertian
  • Home
  • Definisi
  • Pengertian
  • Pemasara
  • Produk
  • Karya Tulis
  • Seni
  • Sistem
  • SEKRETARIS
Home → Keseimbangan → Pengertian → Pengertian Harga Keseimbangan Dan Proses terbentuknya Keseimbangan Pasar

Pengertian Harga Keseimbangan Dan Proses terbentuknya Keseimbangan Pasar

Keseimbangan, Pengertian
Wednesday, March 30, 2016
1. Pengertian Harga Keseimbangan
Dalam ilmu ekonomi, hargakeseimbangan atau hargaekuilibrium atau hargabebas adalahharga yang terbentukpadatitikpertemuankurvapermintaandankurvapenawaran.Terbentuknyahargadankuantitaskeseimbangan di pasarmerupakanhasilkesepakatanantarapembeli (konsumen) danpenjual (produsen) di manakuantitas yang dimintadan yang ditawarkansamabesarnya. Jikakeseimbanganinitelahtercapai, biasanyatitikkeseimbanganiniakanbertahan lama danmenjadipatokanpihakpembelidanpihakpenjualdalammenentukanharga.Terbentuknyahargadankuantitaskeseimbangan di pasarmerupakanhasilkesepakatanantarapembeli (konsumen) danpenjual (produsen) di manakuantitas yang dimintadan yang ditawarkansamabesarnya. Jikakeseimbanganinitelahtercapai, biasanyatitikkeseimbanganiniakanbertahan lama danmenjadipatokanpihakpembelidanpihakpenjualdalammenentukanharga.

2. Proses terbentuknya keseimbangan pasar
Pasarterbentuknyakeseimbanganhargaatauhargapasarmerupakan proses tarik – menarikantarakekuaatanpermintaandanpenawaranatasbarangtersebut.
a.Denganpersamaanfungsipenawarandanpermintaan
b.Menggunakanbentukgrafik, kurvapermintaandankurvapenawaran

3. Pengaruh perubahan permintaan dan penawaran terhadap harga keseimbangan
Perubahanjumlahbarang yang dimintamerupakanperubahanjumlahbarang yang akandibeliataudimintaakibatdariperubahanharga. Perubahanpermintaanbarangadalahbergeseratauberpindahnyakurvapermintaanakibatperubahanpendapatandanberubahselerakonsumen.Perubahankurvapenawaranmerupakanbergesernyakurvapenawaran, baik yang disebabkankemajuanteknologimaupunpenggunaanbahan – bahanuntukberproduksi.

4. Syarat-syarattitikkeseimbanganpasar
Titikkeseimbanganpasarbarangdanjasatertentuharusmemenuhisyaratsebagaiberikut :
a. Hanyaberlakuuntuknilai-nilai (P dan Q) yang positif.
b. Hanyaberlakuuntuktitik yang memenuhisyaratbagi (sesuaidenganciri-ciridari) kurvapermintaanmaupunkurvapenawaran.


ANALISIS BREAK EVEN POINT (BEP)
 Keuntungan (profit positif,π> 0) akandidapatapabilaR >C .
 Kerugian(profit negatif,π< 0) akandialamiapabilaR <C .
 KonsepberkenaandenganR danC adalahkonsepbreak-even,yaitukonsepuntukmenentukanjumlah minimum produk yang harusdihasilkanatauterjual agar perusahaantidakmengalamikerugian. 
 Keadaanbreak-even (profit nol, π = 0) terjadiapabilaR = 0; perusahaantidakmemperolehkeuntungantetapitidak pula mengalamikerugian. Secaragrafik, haliniditunjukkanolehperpotonganantarakurvaRdankurvaC.

Newer Post
Older Post
Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

Popular Posts

  • Pengertian EKOSISTEM | Sistem Ekologi
    Pengertian ekosistem pertama kali dikemukakan oleh seorang ahli ekologi berkebangsaan Inggris bernama A.G. Tansley pada tahun 1935, walaup...
  • PENGERTIAN SEMANTIK DAN PRAGMATIK
    SEMANTIK Semantik ialah bidang yang mengkaji selok-belok makna. Oleh sebab, makna merupakan ciri semua sistem lambang, maka pada kebias...
  • Definisi Dan Teori Motifasi
    1. Definisi Motivasi  Setiap organisasi ingin mencapai tujuannya. Untuk mencapai tujuan tersebut, peran manusia yang terlibat didal...
  • PENGERTIAN HARGA DAN STRATEGI PENENTUAN HARGA
    1. Pengertian Harga Harga, nilai dan faedah (utility) merupakan konsep-konsep yang sangat berkaitan. Utility adalah atribut suatu produk ...
  • Konsep Pengembangan Strategi Pemasaran
    Ada 5 konsep yang mendasari suatu strategi pemasaran, yaitu : · Segmentasi pasar Merupakan dasar untuk mengetahui bahwa setia...
  • Pengertian Promosi Menurut Para Ahli
    Promosi merupakan salah satu variabel di dalam marketing mix yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam pemasaran produk...

Labels

  • A (23)
  • Administrasi (13)
  • B (25)
  • Belajar (33)
  • C (5)
  • D (5)
  • Definisi (80)
  • Drama (4)
  • Faktor faktor (5)
  • Filsafat (7)
  • Fungsi (18)
  • Geografi (7)
  • Gerhana (3)
  • Ilmu Komunikasi (6)
  • Jenis - Jenis (10)
  • Karakter (6)
  • Karya Tulis (29)
  • Komunikasi (8)
  • Makalah (5)
  • Manajemen (18)
  • Metode Pembelajaran (12)
  • P (5)
  • PENDIDIKAN INKLUSIF (5)
  • PTK (4)
  • Pemasaran (14)
  • Pembelajaran (6)
  • Pendidikan (26)
  • Penelitian (5)
  • Pengertian (294)
  • Pengertian Komunikasi (5)
  • Pengertian Menurut Para Ahli (58)
  • Pengertian Secara Umum (14)
  • Penjualan (8)
  • Pentingnya Pengawasan (1)
  • Peradapan (5)
  • Prinsip (6)
  • Produk (14)
  • S (21)
  • SEKRETARIS (8)
  • Sejarah (25)
  • Seni (19)
  • Seni Rupa (10)
  • Sistem (18)
  • Tujuan (12)

Popular Posts

  • Pengertian Renang, Sejarah Renang, Macam-Macam Gaya Renang Dan Manfaat Berenang
  • Pengertian, Bagian Bagian GENERATOR (MAKALAH MESIN GENERATOR AC)
  • Pengertian Produk Menurut Para Ahli
  • Contoh Sistematika Penulisan Karya Ilmiah
  • Pengertian Dan Definisi aplikasi Menurut Para Ahli
close
close

Contoh Contoh Proposal

  • CONTOH-CONTOH PROPOSAL
    CONTOH MAKALAH: KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA
  • Ragam Cara Beternak
    Beternak Kakak Tua || CONTOH MAKALAH TENTANG KAKAK TUA
  • Daftar Tanaman Obat
    Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Copyright © 2015 Blog Definisi | Pengertian. All rights reserved. My Notes Template. Simple Default Template edited by RT Media ™. Powered by Login