1. Pengertian Harga Keseimbangan
Dalam ilmu ekonomi, hargakeseimbangan atau hargaekuilibrium atau hargabebas adalahharga yang terbentukpadatitikpertemuankurvapermintaandankurvapenawaran.Terbentuknyahargadankuantitaskeseimbangan di pasarmerupakanhasilkesepakatanantarapembeli (konsumen) danpenjual (produsen) di manakuantitas yang dimintadan yang ditawarkansamabesarnya. Jikakeseimbanganinitelahtercapai, biasanyatitikkeseimbanganiniakanbertahan lama danmenjadipatokanpihakpembelidanpihakpenjualdalammenentukanharga.Terbentuknyahargadankuantitaskeseimbangan di pasarmerupakanhasilkesepakatanantarapembeli (konsumen) danpenjual (produsen) di manakuantitas yang dimintadan yang ditawarkansamabesarnya. Jikakeseimbanganinitelahtercapai, biasanyatitikkeseimbanganiniakanbertahan lama danmenjadipatokanpihakpembelidanpihakpenjualdalammenentukanharga.
2. Proses terbentuknya keseimbangan pasar
Pasarterbentuknyakeseimbanganhargaatauhargapasarmerupakan proses tarik – menarikantarakekuaatanpermintaandanpenawaranatasbarangtersebut.
a.Denganpersamaanfungsipenawarandanpermintaan
b.Menggunakanbentukgrafik, kurvapermintaandankurvapenawaran
3. Pengaruh perubahan permintaan dan penawaran terhadap harga keseimbangan
Perubahanjumlahbarang yang dimintamerupakanperubahanjumlahbarang yang akandibeliataudimintaakibatdariperubahanharga. Perubahanpermintaanbarangadalahbergeseratauberpindahnyakurvapermintaanakibatperubahanpendapatandanberubahselerakonsumen.Perubahankurvapenawaranmerupakanbergesernyakurvapenawaran, baik yang disebabkankemajuanteknologimaupunpenggunaanbahan – bahanuntukberproduksi.
4. Syarat-syarattitikkeseimbanganpasar
Titikkeseimbanganpasarbarangdanjasatertentuharusmemenuhisyaratsebagaiberikut :
a. Hanyaberlakuuntuknilai-nilai (P dan Q) yang positif.
b. Hanyaberlakuuntuktitik yang memenuhisyaratbagi (sesuaidenganciri-ciridari) kurvapermintaanmaupunkurvapenawaran.
ANALISIS BREAK EVEN POINT (BEP)
Keuntungan (profit positif,π> 0) akandidapatapabilaR >C .
Kerugian(profit negatif,π< 0) akandialamiapabilaR <C .
KonsepberkenaandenganR danC adalahkonsepbreak-even,yaitukonsepuntukmenentukanjumlah minimum produk yang harusdihasilkanatauterjual agar perusahaantidakmengalamikerugian.
Keadaanbreak-even (profit nol, π = 0) terjadiapabilaR = 0; perusahaantidakmemperolehkeuntungantetapitidak pula mengalamikerugian. Secaragrafik, haliniditunjukkanolehperpotonganantarakurvaRdankurvaC.